Sertifikasi Tahan Air IP67 dan IP68, Inilah Pengertian dan Perbedaanya

Sertifikasi Tahan Air IP67 dan IP68, Inilah Pengertian dan Perbedaanya

Sertifikasi tahan air dan debu IP67 dan IP68 seringkali kita dengar menjadi salah satu spesifikasi ponsel yang disematkan pada berbagai smartphone, utamanya smartphone flagship, baik itu smartphone Android dan iPhone.

Diantara smartphone terbaru saat ini yang menyematkan sertifikat IP67 dan IP68 ialah iPhone 11, Sony Xperia 2, Samsung Note 10 dan Note 10+, dan masih banyak lagi. Namun saja, meskipun sering terdengar, masih banyak juga yang belum paham betul apa pengertian dan perbedaan sertifikat tahan air dan debu IP67 dan IP68 ini.

Advertisement

Nah, informasi berikut ini akan dijelaskan pengertian IP67 dan IP68, perbedaan sertifikat IP67 dan IP68 serta bagaimana seharusnya hp dengan sertifikat IP68 dan IP67 itu digunakan.

Apa Pengertian dan Perbedaan IP67 dan IP68?

Apa Pengertian dan Perbedaan IP67 dan IP68?

Adapun standar pemberian sertifikasi ini diberikan dan dibuat oleh sebuah lembaga khusus bernama International Electrotechnical Commission (IEC).

IP67 atau IP68 terdiri dari tiga kode, yakni IP, lalu dikuti kode angka 6 dan selanjutnya diakhiri kode angka 7 atau pun 8. Masing-masing kode tersebut punya makna tersendiri.

IP ialah singkatan dari International Protection atau perlindungan internasional. Kode angka 6 artinya bahwa device smartphone tersebut tahan terhadap debu, pasir atau partikel sejenisnya.

Setelah itu ada kode angka 7 atau 8. Kode angka 7 digunakan sebagai indicator atas smartphone tertentu tahan terhadap air atau bahkan bisa menyelam dengan tingkat kedalama 1 meter selama 30 menit.

Sementara untuk kode angka 8, merupakan indicator bahwa smartphone tersebut punya ketahanan terhadap air atau bisa menyelam pada kedalaman 1,5 – 2 meter selama 30 menit.

Simak juga: Ulasan Cara Cek IMEI Smartphone di Kemenperin & Nasib Ponsel Ilegal

Artinya, perbedaan sertifikat dari IP67 dan IP68 hanya terletak pada tingkat kedalaman air saja. Dalam hal ini, smartphone dengan sertifikat IP68 sedikit lebih unggul daripada ponsel dengan sertifikat IP67.

Berdasarkan pengujian atas teori di atas, baik smartphone bersertifikat IP67 dan IP68 jika terendam air di kedalaman 1 meter selama 30 menit, maka smartphone tidak akan mengalami kerusakan permanen, akan bertahan.

Termasuk jika hp tercebur ke bak mandi, wastafel, genangan air, kena percikan air, kena semprot saat menyiram tanaman, atau bahkan ke toilet dan sekalipun, jika belum sampai 30 menit, maka hp yang bersertifikat IP67 dan IP68 ini akan baik-baik saja.

Cek juga: Cara Melaporkan Nomor Telepon dan SMS Penipuan ke Kominfo, Operator & Polisi

Apakah Boleh Mengoperasikan Hp Bersertifikat IP67 dan IP68 di dalam Air?

Apakah Boleh Mengoperasikan Hp Bersertifikat IP67 dan IP68 di dalam Air?

Beberapa smartphone yang punya sertifikat IP67 dan IP68 memang ada yang bisa dioperasikan di tengah-tengah rintik hujan yang sedang turun.

Namun demikian, timbul berbagai pro dan kontra dari berbagai pihak terkait mengoperasikan ponsel yang bersertifikat IP67 dan IP68 ini di dalam air atau sambil menyelam.

Seperti yang diterangkan oleh Trusted Reviews, smartphone dengan IP67 dan IP68 belum tentu mampu bertahan saat diajak menyelam. Karena kita tak tahu pasti tekanan air dan jarak kedalaman air saat asyik menyelam.

Mengingat, pengujian sertifikat IP67 dan IP68 ini dilakukan saat smartphone dalam mode standby, alias tidak sedang dioperasikan sama sekali.

Ingat untuk tidak menggunakan smartphone di bawah air. Rating IP smartphone Anda dicapai saat smartphone dalam mode standby, sehingga Anda tidak dianjurkan mengoperasikan smartphone di bawah air, seperti mengambil gambar,” ungkap International Electrotechnical Commission.

Simak juga: Berbagai Dampak HP Android Sering Menggunakan Tethering Hotspot

Bolehkan Menjatuhkan atau Menggunakan Hp di Air Laut?

Apa Pengertian dan Perbedaan IP67 dan IP68?

Menjatuhkan atau menggunakan hp di air laut, sekalipun smartphone itu bersertifikat IP67 dan IP68 pangkat dua, diharapkan tidak perlu terjadi.

Kita tau, air laut ataupun kolam (pemandian umum) terdapat berbagai zat-zat yang tidak diikutsertakan pada tes atau pengujian sertifikat IP67 dan IP68 ini. seperti zat garam, air ludah, air kencing dan lainnya.

bisa saja zat-zat tersebut akan menyerang hardware dan sistem smartphone. Jikapun kecerobohan terjadi sekali atau dua kali, menjatuhkan smartphone ke air laut, smartphone masih bisa bertahan, belum tentu akan berhasil pada kecerobohan atau percobaan selanjutnya.

Tidak sengaja menjatuhkan device ke air laut, itu sudah jadi masalah, apalagi jika berani mengoperasikan smartphone di air laut. Sebuah perbuatan yang tidak perlu.

Jika kamu ingin mengambil gambar saat berenang atau bergandengan tangan di dalam air, utamanya di air laut, baiknya menggunakan casing waterproof. Atau lebih aman menggunakan device lain seperti action cam.

Lainnya: Apa Itu Smartphone Berlabel NTT DoCoMo?

Akhir Kata

Bagi yang masih bingun dengan istilah sertifikat tahan air dan debu IP67 dan IP68 yang biasa kamu saksikan pada spesifikasi smartphone, mudah-mudahan informasi di atas membantu untuk memahami perbedaanya.

Demikian informasi terkait pengertian dan perbedaan sertifikasi tahan air dan debu IP67 dan IP68 pada smartphone Android dan iOS atau iPhone. Semoga bermanfaat!