Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di HP Android

Kamu mengalami masalah tidak bisa update aplikasi di hp Android? Berikut ini adalah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di HP Android, yang pada tampilan pembaruan Google Play hanya tertulis Download Tertunda setelah klik Update. Mulai dari ponsel Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Huawei, Sony, Asus Zenfone, dan bahkan Google Pixel. Masalah tidak bisa update aplikasi di smartphone Android memang seringkali terjadi sewaktu-waktu.

Masalah tidak bisa update aplikasi di hp Android paling sering dialami oleh pengguna smartphone dengan versi lama dengan OS Android lama pula. Mulai dari OS Android Nougat (7.0), Marshmallow (6.0), Lollipop (5.0) dan di seterusnya. Dan tak menutup kemungkinan juga menimpa smartphone Android versi di atasnya.

Penyebab Masalah Tidak Bisa Update Aplikasi di HP Android

Adapun masalah tidak bisa update aplikasi pada ponsel Android ini tidak ada hubungannya dengan Play Store. Dan jika kamu mengaitkan dengan space/kapasitas memori Android penuh dan tidak bisa lagi menampung source update dari aplikasi tersebut? Sudah jelas bukan itu pula masalahnya.

Sebab, pada kasus ini jumlah memori smartphone masih cukup ruang untuk dilakukan update aplikasi. Karena masalah utamanya ialah datang dari system pada perangkat yang bersangkutan.

Biasanya aplikasi yang tidak dapat di update pada hp Android seperti Google Chrome, Youtube, Google Mail, Maps, Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, aplikasi Gojek, Grab dan lainnya. Namun masalah tidak bisa update aplikasi di hp Android ini lebih sering menimpa aplikasi bundle Google dibandingkan aplikasi yang lain.

Simak dulu: Aplikasi Penghemat Memori Internal Android Tanpa Root, Gratis

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di Play Store

Untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa update di Play Store pada hp Android kamu sebetulnya cukup mudah. Hanya saja butuh ketelitian dan sedikit rasa sabar. Karena proses dan pengalamannya agak sedikit berbeda di tiap-tiap merek smartphone.

Pada tutorial ini kita mencoba jalankan triknya melalui hp Xiaomi. Untuk pengguna smartphone lainnya silahkan menyesuaikan. Beriktu cara mengatasi tidak bisa update aplikasi di HP Android:

1. Lakukan ROOT pada smartphone Android kamu

2. Install aplikasi Build Prop Editor di Play Store

3. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Build Prop Editor dan ubah akses aplikasi menjadi superuser saat popup notifikasi muncul.

4. Tap pada ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas > NEW

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di HP Android

5. Tambahkan kode berikut ini:

Name: dalvk.vm.dex2oat-filter
Value: interpret-only
Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di HP Android

6. Lalu Save

7. Masuk kembali ke menu NEW tadi, lalu tambahkan kembali kode berikut ini dan akhiri dengan Save.

Name: dalvik.vm.image-dex2oat-filter
Value: Speed
Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Update di HP Android

8.Terakhir, restart atau reboot kembali hp kamu sebagai tahapan akhir dalam sinkronisasi pada system yang telah dilakukan tadi.

Setelah itu, silahkan buka aplikasi Google Play Store untuk memastikan bahwa cara ini benar-benar berhasil untuk mengatasi masalah tidak bisa update aplikasi di hp Android.

Penutup

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa untuk mengatasi masalah tidak bisa update aplikasi di ponsel Android ini memang cukup mudah. Hanya butuh ketelitian dan sedikit bersabar. Dan prosesnya harus pada smartphone yang sudah di root.

Demikian tutorial tentang cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa update di HP Android. Semoga membantu dan terima kasih. Jika berkenan silahkan share artikel ini di social media kamu, agar teman-teman kamu yang mengalami hal yang sama dapat segera mengatasinya.

Selanjutnya: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Tidak Bisa di Uninstall