14+ Fitur dan Keunggulan MIUI 11

14+ Fitur dan Keunggulan MIUI 11

Fitur dan keunggulan MIUI 11 diyakini akan memanjakan pengalaman pengguna dibandingkan dengan MIUI versi lawas. Tepatnya pada akhir bulan Agustus 2019 lalu, tim Xiaomi telah meluncurkan MIUI 11 versi beta. Dengan demikian, itu tandanya MIUI 10 secara resmi berhenti dikembangkan.

Apa itu MIUI? MIUI merupakan sistem khusus yang hadir pada device Xiaomi. Sistem khusus tersebut mengkustomisasi platform OS Android. Dengan kata lain fungsi MIUI ini “merombak ulang” sistem operasi Android stock ke versi khas Xiaomi.

Advertisement

Entah itu menambahkan, mengurangi, atau bahkan memperbaiki dan mengembangkan fitur dan sistem bawaan sistem operasi Android stock.

Simak dulu: 2 Cara Mengatasi Xiaomi Mi A1 Tidak Bisa Internet, Ada Tanda Silang pada Sinyal

Mulai dari mengkustom tampilan tema, ikon menu, dukungan, pengaturan, pengembangan fitur, menambahkan aplikasi dan fitur buatan sendiri, dan lain sebagainya.

Meskipun sama-sama menggunakan platform OS Android, sistem kustomisasi (MIUI) inilah yang membedakan tampilan dan pengalaman penggunaan smartphone Xiaomi dengan ponsel Android lainnya.

Dengan demikian, sistem kustomisasi bernama MIUI 11 pada device Xiaomi ini akan terasa perubahannya bukan karena update OS Android, tetapi akan dirasakan manakalah sistem perangkat smartphone Xiaomi kamu diupdate ke MIUI 11. Melalui menu Setting > about phone (tentang ponsel) > pembaruan sistem > lalu mengecek ketersediaan update dan masuk ke menu “upgrade now”.

Dan tentu saja, setiap versi MIUI, punya fitur unggulannya masing-masing. Lalu apa saja fitur dan keunggulan dari MIUI 11? Simak berikut ini!

Sedang Dikembangkan, Apa Fitur dan Keunggulan MIUI 11?

Adapun pengembangan MIUI 11 adalah bentuk dukungan penuh atas hadirnya fitur unggulan di Android 10 (Android Q). Salah satunya fitur dark mode (mode gelap). Fitur dark mode pada MIUI 11 nantinya akan bisa diterapkan pada semua aplikasi dan sistem.

Kabarnya, walaupun aplikasi terinstall pada device Xiaomi belum menyediakan menu dark mode, maka dengan MIUI 11 ini, kita tetap bisa menjalankan fitur dark mode ini ke aplikasi tersebut.

Simak dulu: 2 Cara Menghapus File Lainnya di HP Xiaomi Sampai Bersih Tanpa Root

Dark Mode

Datk Mode pada Fitur Baru dan Keunggulan MIUI 11

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa fitur dark mode ini adalah fitur unggulan bawaan dari Android 10. Mengingat begitu pentingnya fitur dark mode ini, maka Xiaomi meletakkan pengaturan tersendiri di menu Setting, dan dapat diaktifkan/dinonaktifkan melalu menu bar.

App Drawer Bawaan

New App Drawer pada Fitur Baru dan Keunggulan MIUI 11

Mengingat begitu banyaknya pengguna Xiaomi yang menggunakan loucher bawaan, maka fitur App Drawer ini ditambahkan secara default pada MIUI 11. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi louchher dari pihak ketiga. Mantap bukan?

Battery Saver Update

Optimasi Penghemat Baterai pada Fitur Baru dan Keunggulan MIUI 11

Fitur ini juga merupakan salah satu unggulan dari Android 10, yang bisa kamu temukan juga pada perangkat ponsel AndroidOne yang telah diupdate ke OS Android Pie (9.0) dan 10.

Fitur penghemat baterai di MIUI 11 lebih ditingkatkan lagi dari versi MIUI sebelumnya. Pengembangan di fitur ini akan lebih menghemat baterai berkali-kali lipat.

Sebab, jika fitur penghemat baterai diaktifakan maka yang akan dilakukan sistem adalah sebagai berikut.

  • Tampilan smartphone Xiaomi akan menjadi gelap atau hitam-putih, pada seluruh sistem dan aplikasi terinstal.
  • Menghentikan seluruh aplikasi yang berjalan di background.
  • Menonaktifkan fitur yang berjalan sendiri yang berjalan di background, seperti GPS, sincronization, update dan lainnya.

Status Bar Optimization

Status Bar Optimization pada Fitur Baru dan Keunggulan MIUI 11

MIUI 11 nantinya akan mengoptimasi status atau menu bar. Mulai dari perubahan letak item, serta tampilannya yang dapat dimodifikasi yang khusus disediakan untuk perangkat Xiaomi yang berponi (notch).

Pengembangan Fitur AI (Artificial Intelligence)

Fitur AI atau kecerdasan buatan ini pula merupakan fitur yang sering digaungkan oleh Android 10. Jelas saja, untuk MIUI 11 fitur AI ini akan dikembangkan sedemikian rupa, agar dapat berjalan disegala sistem dan fitur pada perangkat ponsel Xiaomi.

Update Ikon Menu

New Icon Pack pada Fitur Baru dan Keunggulan MIUI 11

Kabarnya, akan ada perombakan pada ikon menu di MIUI 11. Nantinya tampilan menu akan bisa diuba-ubah warnanya sesuka hati. Hal ini tak lepas dari ditambahkannnya fitur App Drawer secara default ke MIUI 11.

Itulah beberapa fitur dan keunggulan dari MIUI 11. Sebetulnya ada berbagai update lagi di MIUI 11. Berdasarkan rangkuman Smartponsel.net dari berbagai sumber, berikut ini fitur dan keunggulan dari MIUI 11.

Bisa Uninstall Aplikasi Bawaan

Tentu saja fitur ini akan sangat berguna, bilamana Xiaomi benar-benar menampilkan opsi uninstall aplikasi bawaan pada MIUI 11. Dengan adanya fitur ini, maka perangkat Xiaomi versi lawas akan mendapatkan beberapa ruang kosong kembali dengan menghapus/uninstall aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Namun, kembali lagi, fitur ini baru rumor saja.

Cek juga: 10+ Smartphone Xiaomi Pertama yang Mendapat Update Android Q

Rangkuman: 14 Lebih Fitur Baru dan Keunggulan MIUI 11

Berikut ini berbagai fitur unggulan yang akan hadir pada MIUI 11:

  • Dark Mode
  • Face Unlock + Fingerprint
  • Automatic Screenshot Management
  • Buka kunci dengan perintah suara
  • New App Drawer
  • New sound effects (menggunakan Dolby Atmos)
  • Pengembangan fitur AI
  • Optimasi status bar
  • Battery charge status on an info screen
  • Album pribadi untuk video
  • Pembaruan ikon dan animasi yang lebih halus
  • Pengembangan fungsi penghemat energy, seperti mengubah tampilan menjadi monochrome
  • Pembaruan manajemen notifikasi

Juga ada fitur tambahan yang dikembangkan dan akan ditambahkan secara berkala pada MIUI 11:

  • Peningkatan fungsi energy saving
  • Animasi loading terbaru
  • Child Mode (mode anak)
  • Akan terdapat kontak darurat pada lock screen
  • Suara stereo untuk game via Bluetooth
  • Peningkatan sistem pengelolaan izin aplikasi (app permissions)
  • 18:9 Photo clippings
  • Standard-Sim untuk kontak tertentu (dengan Dual-Sim)
  • Improved information about the user data in the hotspot
  • Messages can be dormant for a certain period of time

Apakah MIUI 11 Akan dipenuhi Iklan Seperti MIUI Sebelumnya?

Hal ini belum juga dikonfirmasi oleh developer MIUI 11 secara resmi. Namun satu hal yang sudah dikonfirmasi seperti yang dilansir dari Android Authority bahwa Xiaomi sedang melakukan pengujian untuk solusi iklan yang tampil di MIUI.

Jika saja tetap ada iklan pada MIUI 11 ini, maka pastilah developernya pun akan menampilkan opsi untuk menonaktifkan tampilan iklan tersebut.

Sekurang-kurangnya caranya sama seperti cara menghilangkan iklan pada smartphone Xiaomi yang telah ditulis sebelumnya.

Hanya saja kita berharap, kalaupun nantinya MIUI 11 ini masih menyertakan iklan, mudah-mudahan tampilan dan penempatan iklan tidak serampangan dan seekstrim di MIUI 10. Yang iklannya sudah merasuk kemana-mana, bahkan ke sistem settings.

Baca ulasan: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

Kapan MIUI 11 Akan Dirilis ke Perangkat Xiaomi Secara Global?

Jika tak ada aral melintang, MIUI 11 ini akan dirilis pada akhir September 2019 nanti. Bahkan smartphone Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 11 pertama kali juga sudah diumumkan dan ramai diberitakan. Tentu ini adalah kabar baik, terutama bagi yang begitu penasaran dengan penampakan MIUI 11.

Mengingat dalam pertemuan MIUI Core Experience Annual Meeting, Head of Product Planning Department Xiaomi, Liu Ming, telah memberikan bocoran fitur MIUI 11 walau hanya sedikit.

MIUI 11 oleh sang eksekutif Xiaomi digaungkan secara gamblang sebagai “sistem operasi yang baru dan unik” atau “a new and unique OS”. Dalam sesi lainnya diterangkan juga bahwa Xiaomi akan lebih fokus pada pengerjaan UI (User Interface) atau antarmukanya untuk MIUI 11.

Penasaran? Sama!