Beranda Tips Smartphone Cara Merubah Tampilan System UI Android Setelah di Root

Cara Merubah Tampilan System UI Android Setelah di Root

Cara Merubah Tampilan System UI Android

Bosan dengan Smartphone di Tangan? Berikut ini Cara Merubah Tampilan System UI pada hp Android Setelah di Root. Tampilan system Android memang sangatlah monoton dimana hampir semuanya memiliki interface (UI) yang sama, terutama jika berasal dari satu brand. Hal inilah yang membuat pengguna merasa bosan.

Meskipun sudah diganti tema, perubahan hanya akan terjadi ada gambar icon ataupun wallpaper, bukan pada sistem UInya. Tapi, buat Anda yang suka hal-hal unik, menarik dan beda dari lainnya bisa memercantik smarthone dengan mengikuti cara merubah tampilan system UI Android setelah di root berikut.

Lainnya: Cara Membuat tampilan Android Seperti iPhone

Cara Merubah Tampilan System UI pada hp Android Setelah di Root

Dengan melaukan perubahan pada UI, maka tampilan default pada smartphone akan benar-benar berubah, baik dari segi icon aplikasi, warna hingga struktur penataannya.

Dengan mengganti UI, maka pengguna bisa dengan mudah memodifikasi tampilan jam dan letaknya yang rata-rata d halaman dean bagian atas. Bahkan, Anda juga bisa membuat semua menu pada Android menjadi transaran sehingga gambar wallpaper akan terlihat secara utuh.

Advertisement

Dalam melakukan perubahan system UI Android, kita membutuhkan dua aplikasi sekaligus dimana yang satu merupakan aplikasi pendukung untuk bisa membuka modul perubahan dan satunya merupakan sebuah aplikasi yang berisi modul perubahan itu sendiri.

Kali ini, kita akan menggunakan aplikasi Xpose Installer dan Xblast Tool yang sudah terbukti ampuh dan bisa bekerja dengan baik. Adapun cara merubah tampilan system UI Android setelah di root yaitu:

1. Langkah pertama yaitu dengan mendownload aplikasi Xpose Installer dan Xblast Tool ada Play Store atau website APK lainnya (seperti apkPure). Kemudian install kedua aplikasi tersebut pada perangkat.

2. Selanjutnya bukalah aplikasi Xposed Installer dan klik Modules.

Cara Merubah Tampilan System UI Android

3. Setelah itu, berikan tanda centang pada opsi Xblast tool dengan melaukan tap sekali pada kolom di sebelah kanan tulisannya.

4. Langkah selanjutnya yaitu kembali ke menu utama Xposed Installer, klik menu Framework dan pilihlah “Install/Update” untuk mengupdate aplikasi.

Cara Merubah Tampilan System UI Android

5. Kemudian restart perangkat Anda untuk bisa mendapatkan konten aplikasi terbaru.

6. Setelah Android hidup kembali, pengguna bisa melakukan perubahan UI Android menggunakan Xblast Tool melalui aplikasi Xblast Module. Cara mengeditnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Xposed Installer, memilih menu Module kemudian mengkilk Xblast Tool.

Cara Merubah Tampilan System UI Android

Pada menu tersebut akan muncul beragam pilihan fitur editting seperti status bar, backgroud (visual tweeks), loockscreen (XlockY) dan sebagainya.

Jika ingin mengubah, pilihlah fitur-fitur tesebut dan berikan centang pada opsi perubahan yang diinginkan. Setelah itu, seerti langkah di awal, konfirmasikan update ada menu Framework dan restart perangkat.

Simak dulu: Mengubah Tampilan UI Menjadi Android Nougat 7.0 (Semua Merk HP Android)

Penutup

Nah, itulah tadi langkah-langkah detail tekait cara merubah system UI hp Android yang sudah di root yang bisa dijadikan referensi. Hal yang perlu diingat yaitu setiap perubahan membutuhkan konfirmasi update dan restart perangkat agar editting tesebut berhasil. Ingat, cara ini hanya bisa dilaukan jika Android sudah diroot.