Beranda Tips Smartphone 6 Cara Mengatasi Baterai Tanam HP yang Drop/Bocor Paling Ampuh Ini

6 Cara Mengatasi Baterai Tanam HP yang Drop/Bocor Paling Ampuh Ini

Cara Mengatasi Baterai Tanam HP yang Drop/Bocor

Berikut ini tips Smartphone tentang cara mengatasi baterai tanam yang drop atau bocor yang menyebabkan daya baterai sering cepat habis/boros dalam waktu cepat. merupakan perangkat elektronik yang ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama maka lama kelamaan akan memiliki peforma yang menurun, terutama masalah baterainya.

Banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan baterai tanam pada ponsel yang menjadi drop atau bahkan bocor. Padahal smartphone sudah menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Advertisement

Kamu mengalami masalah baterai yang boros? Jangan dijual dulu! Kamu bisa gunakan 6 tips untuk mengatasi baterai tanam yang drop berikut ini:
Kalibrasi Baterai

Tips baterai tanam di hp yang drop dan cepat habis

Kalibrasi baterai hp

Cara Mengatasi Baterai Tanam HP yang Drop/Bocor

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai dipercaya dapat memulihkan peforma baterai ponsel yang mulai menurun. Berikut caranya:

  1. Gunakan ponsel smartphone Kamu hingga baterai benar-benar habis atau mati total.
  2. Kemudian charge baterai Kamu dalam kondisi mati hingga kapasitas baterai mencapai 100%
  3. Setelah itu gunakan smartphone Kamu hingga kapasitas baterai mendekati 0%
  4. Lakukan charge ponsel kembali dalam keadaan ponsel yang menyala hingga 100%
  5. Gunakan ponsel Kamu hingga baterai habis atau mati
  6. Terakhir, lakukan charge baterai dalam ponsel keadaan mati hingga 100%
  7. Selesai. Hidupkan kembali ponsel Kamu.

Tutorial: Berbagai Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Jangan Menggunakan Ponsel Saat Di-Charge

Menggunakan ponsel saat dichas akan berdampak buruk pada peforma baterai ponsel, terutama pada baterai tanam. Jika Kamu merasa baterai ponsel Kamu drop atau mudah habis, mulai sekarang jangan gunakan ponsel saat sedang dichas.

Advertisement

Tunggu hingga benar-benar baterai terisi 100% baru dilepaskan dari charger. Tips ini sangat ampuh untuk membantu memulihkan kinerja ponsel.

Mengisi Baterai Sebelum Habis

Tips ketiga untuk mengatasi baterai tanam yang drop adalah tidak membiarkannya mati total, kecuali untuk kepentingan kalibrasi. Paling tidak sebelum kapasitas baterai mencapai 10%, chas ponsel Kamu agar tidak mudah drop.

Lanjutan: Tips Merawat Baterai iPhone yang Benar Agar Tetap Awet

Jangan Mengisi Baterai Secara Berlebihan

Cara Mengatasi Baterai Tanam HP yang Drop/Bocor

Mengisi baterai secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan baterai. Bahkan bisa-bisa baterai mengalami konsleting. Usahakan untuk melepaskan baterai dari charger saat sudah mencapai 100%.

Terkadang dalam kondisi tertentu, baterai hp lama terisi saat dicharge. Hal ini merupakan bentuk akumulasi dari akibat sering mengisi baterai smartphone secara berlebihan.

Selalu Gunakan Charger Original

Cara Mengatasi Baterai Tanam HP yang Drop/Bocor

Baterai tanam yang mulai drop biasanya karena Kamu menggunakan charger yang tidak original. Karena charger yang tidak original tidak memberikan suplai yang sesuai dengan kapasitas baterai ponsel Anda.

Untuk itu, pastikan charger yang digunakan adalah charger yang original, atau bawaan dari hp tersebut. Misalnya bawaan charger original hp samsung, hp xiaomi, iPhone dan lainnya.

Jangan Meletakkan Ponsel Sembarangan

Jangan meletakkan ponsel di tempat yang dapat mempengaruhi temperaturnya, misalnya di atas TV, di atas kulkas, dashboard mobil atau tempat lainnya yang memungkinkan suhu baterai ponsel naik atau turun. Untuk memonitoring suhu ponsel, Kamu bisa menggunakan aplikasi pengecek temperature.

Nah, itulah beberapa tips smartphone terkait yang bisa Kamu praktikkan untuk mengatasi baterai tanam ponsel yang mulai mengalami drop. Semoga bermanfaat.